About


Minggu, 05 Desember 2021

MERRY CHRISTMAS

 

From: Fidelius

 

Kartu ini merupakan kartu ucapan selamat natal,  kepada teman saya Isaac. Pada kartu ucapan ini saya menuliskan semoga natal ini menjadi baik untuk kita semua, karena saya berharap natal kali ini dapat menjadi lebih baik dari natal sebelumnya, dan harapannya natal ini juga dapat mengubah diri kita menjadi lebih baik.

Saya menggunakan kartu ucapan dengan warna dominan merah, hijau, dan putih karena itulah warna yang seragam dan mewakili natal. Saya menggunakan elemen pohon natal yang sangat identik dengan natal ini, serta salju dan hiasan natal yang membuat kartu ucapan lebih hidup dengan suasana natal.

Untuk natal ini kita dapat menyiapkan nya dengan hal-hal yang sederhana, Menyiapkan pohon natal, membuat kue-kue natal. Mendengarkan lagu-lagu natal. Banyak hal yang menyenangkan di hari natal yang membuat perayaan terasa khusus dan membuat bersemangat. 


Pada kartu ucapan ini saya membuatnya dengan aplikasi canva melalui Smartphone.

Pertama-tama anda dapat mendownload aplikasi Canva ini terlebih dahulu, karena saya menggunakan smart phone maka dapat didownload melalui Play Store. Saya akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi Canva ini pada smart phone. Buka aplikasi canva tersebut dan tekan tanda plus di pojok kanan bawah. Lalu pilih opsi banner, gunakan banner potrait / landskap. 

Anda dapat menggunakan banner jadi yang tersedia, anda juga dapat mencari di kolom pencarian jika ingin mencari tema yang spesifik. Jika ingin membuat banner manual maka anda dapat memilih warna dasar dengan menekan banner dan pilih warna. Lalu tambahkan elemen dengan tekan tanda plus di pojok kiri bawah, anda dapat mencari elemen yang spesifik dengan mencari di kolom pencarian. Anda juga dapat mengatur elemen dengan mengklik objek kemudian akan muncul opsi untuk mengedit, anda dapat mengatur opsi kecerahan, bayangan, duplikat, potong, dan lain-lain.

Sebenarnya menggunakan aplikasi ini tidaklah rumit, karena pengalaman saya sendiri menggunakan alikasi ini sangat mudah tanpa memerlukan tutorial dari youtube maupun lainnya. Sisanya hanya memerlukan kekreativan, anda juga dapat mencari inspirasi kartu ucapan dengan melihat banner-banner jadi dengan tema tertentu. Untuk save anda tidak perlu mencari tombol save, karena aplikasi ini menggunakan auto save. Jika anda menggunakan element yang dikhususkan untuk pro, anda masih tetap dapat menggunakannya, namun akan memiliki watermark. Jika anda tidak ingin element anda terdapat water mark, anda dapat berlangganan pada aplikasi canva tersebut untuk menjadi bagian pro. Jika anda menggunakan element pro namun anda bukan element pro maka anda harus tidak akan dapat meng export, untuk mengatasi ini anda dapat mengscreen shoot layar anda saja, kemudian memotong bagian yang tidak diperlukan.

Sekian penjelasan dari penggunaan aplikasi Canva ini. Saya harap anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik dan membuat kartu ucapan untuk teman, keluarga, kerabat, dan saudara anda dengan mudah dan cepat serta tentunya menarik. Anda dapat meninggalkan pertanyaan di kolom komentar jika ada yang tidak dipahami.

1 comments:

  1. Isi dari blognya bagus, kartu ucapan yang diberikan juga menarik dan memberi pesan yang baik untuk natal tahun ini, dan terimakasih juga karena sudah mengucapkan selamat natal kepada saya, selamat natal juga, semoga di Natal tahun ini kita semua menjadi pribadi yang lebih baik.

    BalasHapus